Tas adalah salah satu aksesoris yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Namun, seringkali kita lupa untuk merawat tas dengan baik sehingga tas kita cepat rusak dan tidak awet. Agar tas kita tetap awet dan tahan lama, kita perlu merawatnya dengan baik berdasarkan bahan tas tersebut.

Berikut ini adalah cara tepat merawat tas agar awet berdasarkan bahannya:

1. Tas kulit: Tas kulit adalah salah satu jenis tas yang paling awet jika dirawat dengan baik. Untuk merawat tas kulit, gunakan pelembab khusus untuk tas kulit setidaknya sekali sebulan. Hindari menyimpan tas kulit di tempat yang lembab karena bisa menyebabkan jamur. Gunakan juga tas kulit secara bergantian agar tidak terlalu cepat aus.

2. Tas kanvas: Tas kanvas adalah tas yang sering digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Untuk merawat tas kanvas, bersihkan tas secara berkala dengan sikat lembut dan cairan pembersih yang lembut. Hindari mencuci tas kanvas dengan air panas atau deterjen yang keras karena bisa merusak warna tas.

3. Tas suede: Tas suede adalah tas yang terbuat dari bahan yang lembut dan berbulu. Untuk merawat tas suede, gunakan sikat khusus untuk membersihkan bulu-bulu yang menempel. Hindari menyimpan tas suede di tempat yang lembab dan terkena sinar matahari langsung karena bisa merusak tekstur tas.

4. Tas sintetis: Tas sintetis adalah tas yang terbuat dari bahan buatan manusia. Untuk merawat tas sintetis, bersihkan tas secara berkala dengan kain lembab dan sabun cair. Hindari menyimpan tas sintetis di tempat yang terlalu panas karena bisa menyebabkan bahan tas menjadi lengket.

Dengan merawat tas sesuai dengan bahan tas tersebut, kita dapat menjaga tas agar tetap awet dan tahan lama. Selain itu, merawat tas dengan baik juga dapat membuat tas kita tetap terlihat cantik dan menarik. Jadi, jangan lupa untuk merawat tas anda dengan baik agar tas anda tetap awet dan tahan lama.