Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah membagikan tujuh kiat kepada orang tua untuk mencegah kekerasan seksual pada anak. Kekerasan seksual merupakan masalah serius yang dapat berdampak buruk pada perkembangan fisik, emosional, dan sosial anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memahami cara-cara untuk melindungi anak-anak dari ancaman kekerasan seksual.

Salah satu kiat yang diberikan oleh IDAI adalah berkomunikasi secara terbuka dengan anak. Orang tua perlu memberikan pemahaman kepada anak tentang apa itu kekerasan seksual, bagaimana cara menghindarinya, dan apa yang harus dilakukan jika mereka mengalami situasi yang tidak aman. Selain itu, orang tua juga perlu mengajarkan anak untuk selalu percaya pada insting dan perasaan mereka jika merasa tidak nyaman dengan seseorang.

Selain itu, IDAI juga menyarankan agar orang tua memantau aktivitas anak di dunia maya. Kekerasan seksual seringkali terjadi melalui media sosial atau internet. Oleh karena itu, orang tua perlu memastikan bahwa anak-anak mereka menggunakan internet dengan bijak dan tidak berinteraksi dengan orang-orang yang tidak dikenal.

Selain itu, IDAI juga menekankan pentingnya mengajarkan anak tentang batas-batas pribadi dan hak-hak mereka. Orang tua perlu mengajarkan anak untuk tidak takut mengatakan tidak jika merasa tidak nyaman atau terancam dalam situasi tertentu. Selain itu, orang tua juga perlu memberikan contoh yang baik dalam hal menghormati batas pribadi orang lain.

Selain itu, IDAI juga menyarankan agar orang tua selalu bersikap waspada terhadap orang-orang yang memiliki perilaku mencurigakan terhadap anak-anak. Orang tua perlu memperhatikan perubahan-perubahan perilaku anak dan segera mengambil tindakan jika ada indikasi kekerasan seksual terjadi.

Dengan menerapkan kiat-kiat yang diberikan oleh IDAI, orang tua dapat membantu melindungi anak-anak dari ancaman kekerasan seksual. Penting bagi orang tua untuk terus berkomunikasi dan memantau anak-anak mereka agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang aman dan sehat.