Pemutakhiran Dapodik adalah salah satu sistem yang digunakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengelola data sekolah. Dengan adanya pemutakhiran Dapodik, informasi mengenai jumlah siswa, guru, fasilitas sekolah, dan berbagai data penting lainnya dapat terpantau dengan lebih baik.

Salah satu hal penting yang bisa dipantau melalui pemutakhiran Dapodik adalah kondisi WASH di sekolah. WASH merupakan singkatan dari Water, Sanitation, and Hygiene, yang menunjukkan pentingnya akses air bersih, sanitasi yang layak, dan kebersihan di lingkungan sekolah.

Dengan menggunakan data dari pemutakhiran Dapodik, pemerintah dapat melihat apakah sekolah-sekolah di seluruh Indonesia sudah memiliki fasilitas air bersih yang memadai, toilet yang layak, dan program kebersihan yang baik. Hal ini sangat penting karena kondisi WASH yang baik di sekolah dapat meningkatkan kesehatan siswa dan guru, serta menunjang proses pembelajaran yang lebih baik.

Selain itu, pemutakhiran Dapodik juga dapat membantu pemerintah dalam merencanakan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi WASH di sekolah. Dengan mengetahui data yang akurat mengenai kondisi WASH di setiap sekolah, pemerintah dapat lebih mudah menentukan langkah-langkah yang perlu diambil untuk meningkatkan kualitas fasilitas tersebut.

Dengan demikian, pemutakhiran Dapodik tidak hanya berguna untuk mengelola data sekolah secara umum, tetapi juga dapat digunakan untuk memantau kondisi WASH di sekolah. Dengan kondisi WASH yang baik, diharapkan kesehatan siswa dan guru dapat terjaga, serta proses pembelajaran dapat berjalan dengan lebih efektif.