Menurut survei yang dilakukan oleh sebuah lembaga riset terkemuka, ternyata berlibur ke luar kota lebih diminati oleh masyarakat ketimbang melakukan “staycation” di dalam kota. Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk menjelajahi tempat-tempat baru di luar kota masih tinggi meskipun pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Dalam survei yang dilakukan kepada ribuan responden di seluruh Indonesia, sebagian besar mengungkapkan bahwa mereka lebih memilih untuk berlibur ke luar kota untuk menghilangkan penat dan stres daripada hanya tinggal di rumah atau menginap di hotel di dalam kota. Alasan utama yang menjadi pertimbangan adalah ingin menikmati udara segar, pemandangan alam yang indah, serta menjelajahi tempat-tempat wisata yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Selain itu, faktor keamanan dan kesehatan juga menjadi pertimbangan utama bagi masyarakat dalam memilih destinasi liburan. Mereka lebih memilih untuk berlibur ke tempat yang jauh dari keramaian dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan Covid-19.

Meskipun “staycation” juga menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat yang ingin bersantai tanpa perlu melakukan perjalanan jauh, namun survei ini menunjukkan bahwa minat untuk berlibur ke luar kota masih lebih tinggi. Selain dapat menikmati suasana baru dan mengeksplor tempat-tempat menarik, berlibur ke luar kota juga dianggap dapat memberikan pengalaman liburan yang lebih berkesan dan menyenangkan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa berlibur ke luar kota masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia dalam menikmati waktu luang dan melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Penting bagi kita untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersihan selama berlibur agar dapat terhindar dari risiko penularan Covid-19. Semoga pandemi segera berakhir dan kita dapat kembali menikmati liburan dengan aman dan nyaman.