Calon haji dengan diabetes mesti atur makan agar gula darah stabil

Setiap tahunnya, jutaan umat Islam dari seluruh dunia berbondong-bondong untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekah. Namun, bagi calon haji yang juga menderita diabetes, perjalanan ke tanah suci bisa menjadi tantangan tersendiri. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengatur pola makan agar gula darah tetap stabil selama ibadah haji.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang membuat tubuh tidak mampu mengatur kadar gula darah dengan baik. Jika tidak diatur dengan baik, diabetes bisa menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan yang berbahaya. Oleh karena itu, calon haji dengan diabetes perlu memperhatikan pola makan mereka agar gula darah tetap stabil selama menjalani ibadah haji.

Beberapa tips yang bisa membantu calon haji dengan diabetes dalam mengatur pola makan mereka adalah sebagai berikut:

1. Mengonsumsi makanan rendah gula: Hindari makanan yang tinggi gula dan karbohidrat sederhana, seperti gula, kue, roti putih, dan makanan cepat saji. Sebaliknya, pilihlah makanan yang rendah gula dan tinggi serat, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

2. Makan dalam porsi kecil namun sering: Mengatur pola makan dengan makan dalam porsi kecil namun sering dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hindari makan berlebihan dan jangan melewatkan waktu makan.

3. Minum cukup air: Penting untuk calon haji dengan diabetes untuk tetap terhidrasi selama menjalani ibadah haji. Minumlah air putih yang cukup setiap hari untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi: Sebelum berangkat ke tanah suci, calon haji dengan diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan panduan makan yang sesuai dengan kondisi kesehatan mereka.

Dengan mengatur pola makan yang sehat dan seimbang, calon haji dengan diabetes dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil selama menjalani ibadah haji. Selain itu, selalu ingat untuk membawa obat-obatan dan perlengkapan medis yang diperlukan selama perjalanan ke tanah suci. Semoga ibadah haji kita diterima oleh Allah SWT. Amin.

Archives