Kurang bersih saat menghapus riasan mata dapat menjadi penyebab penyakit hordeolum. Hordeolum atau yang sering disebut bisul mata adalah infeksi pada kelenjar minyak di kelopak mata yang disebabkan oleh bakteri. Kondisi ini biasanya terjadi saat kelenjar minyak tersebut tersumbat dan terinfeksi.

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan hordeolum adalah kurangnya kebersihan saat menghapus riasan mata. Saat kita menggunakan makeup, terutama pada area mata, kotoran dan bakteri dapat menempel pada alat-alat makeup seperti kuas atau kapas. Jika alat-alat tersebut tidak dibersihkan secara rutin, maka bakteri tersebut dapat menular ke area mata saat kita menghapus riasan.

Selain itu, cara menghapus riasan mata yang tidak benar juga dapat menjadi faktor risiko terjadinya hordeolum. Menggosok mata terlalu keras atau menggunakan produk yang tidak cocok untuk area mata dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada kelenjar minyak.

Untuk mencegah terjadinya hordeolum, penting bagi kita untuk menjaga kebersihan saat menggunakan dan menghapus riasan mata. Pastikan bahwa alat-alat makeup yang kita gunakan selalu bersih dan jangan sekali-kali berbagi alat makeup dengan orang lain. Selain itu, gunakan produk makeup yang aman dan sesuai untuk area mata, serta hindari menggosok mata terlalu keras saat menghapus riasan.

Jika kita sudah mengalami hordeolum, segera konsultasikan dengan dokter mata untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Biasanya, hordeolum dapat diobati dengan menggunakan obat tetes mata antibiotik atau kompres hangat untuk mengurangi pembengkakan.

Dengan menjaga kebersihan saat menggunakan makeup, kita dapat mencegah terjadinya hordeolum dan menjaga kesehatan mata kita. Jadi, jangan lupa selalu membersihkan alat makeup dan menghapus riasan mata dengan hati-hati agar terhindar dari penyakit yang bisa mengganggu kesehatan mata.

Archives