Dekranas, singkatan dari Dewan Kerajinan Nasional, adalah lembaga yang bertugas untuk mengembangkan dan melestarikan kerajinan lokal di Indonesia. Salah satu program unggulan Dekranas adalah ajakan kepada generasi muda untuk aktif mencintai kriya lokal.

Kriya lokal merupakan warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan oleh generasi muda. Dengan semakin berkembangnya industri modern, kriya lokal seringkali tergeser dan dilupakan. Oleh karena itu, peran generasi muda sangatlah penting dalam melestarikan kriya lokal ini.

Dekranas mengajak generasi muda untuk aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kriya lokal, seperti workshop, pameran, dan pelatihan. Melalui kegiatan ini, generasi muda dapat belajar dan memahami nilai-nilai budaya yang terkandung dalam kriya lokal.

Selain itu, Dekranas juga memberikan dukungan kepada para pelaku kriya lokal, baik dalam hal pengembangan keterampilan maupun pemasaran produk. Dengan demikian, generasi muda dapat melihat bahwa kriya lokal bukanlah sekadar produk kerajinan biasa, melainkan sebuah warisan budaya yang patut dihargai dan dilestarikan.

Melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Dekranas, diharapkan generasi muda dapat semakin mencintai kriya lokal dan berperan aktif dalam melestarikannya. Kriya lokal bukan hanya sekadar produk, melainkan juga identitas dan jati diri bangsa Indonesia. Dengan menjaga dan melestarikan kriya lokal, generasi muda turut serta dalam mempertahankan keberagaman budaya Indonesia.

Archives