Mengenal Pompa Jantung LVAD untuk Penderita Gagal Jantung Tahap Lanjut

Gagal jantung merupakan kondisi dimana jantung tidak mampu memompa darah dengan efektif ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan yang serius dan bahkan dapat mengancam nyawa penderitanya. Untuk penderita gagal jantung tahap lanjut, pompa jantung LVAD menjadi salah satu pilihan terapi yang dapat membantu memperbaiki fungsi jantung.

LVAD atau Left Ventricular Assist Device merupakan sebuah alat bantu pompa jantung yang ditanamkan ke dalam tubuh penderita. Alat ini bekerja dengan cara membantu jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. LVAD biasanya ditanamkan pada penderita gagal jantung tahap lanjut yang tidak merespon dengan baik terhadap terapi medis konvensional seperti obat-obatan atau prosedur bedah.

Prosedur pemasangan LVAD biasanya dilakukan melalui operasi jantung terbuka, dimana alat ini akan ditanamkan di dalam dada atau perut penderita. Setelah pemasangan, LVAD akan terhubung dengan jantung penderita melalui selang-selang yang mengalirkan darah dari jantung ke alat ini dan kemudian memompa darah yang sudah dipompa kembali ke tubuh.

Pompa jantung LVAD memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan terapi medis konvensional. Alat ini dapat membantu meningkatkan fungsi jantung, mengurangi gejala gagal jantung seperti sesak napas atau kelelahan, serta meningkatkan kualitas hidup penderita. Selain itu, LVAD juga dapat digunakan sebagai jembatan sementara sebelum penderita menjalani transplantasi jantung.

Meskipun demikian, terapi LVAD juga memiliki risiko dan efek samping yang perlu diperhatikan. Penderita yang telah menjalani pemasangan LVAD perlu melakukan perawatan dan pemantauan secara rutin untuk menghindari komplikasi seperti infeksi atau pembekuan darah. Selain itu, penggunaan LVAD juga memerlukan perubahan gaya hidup dan diet yang sehat untuk mendukung fungsi jantung yang optimal.

Pompa jantung LVAD merupakan terapi inovatif yang dapat membantu penderita gagal jantung tahap lanjut dalam memperbaiki kualitas hidup mereka. Namun, sebelum memutuskan untuk menjalani terapi ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli jantung untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mengalami masalah dengan jantung.

Archives