Perdokhi: Jamaah haji perlu waspadai penyakit ISPA

Jamaah haji merupakan orang-orang yang sedang menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekah. Mereka melakukan perjalanan jauh dari Indonesia untuk melaksanakan kewajiban agama yang sangat agung. Namun, selama menjalani ibadah haji, jamaah haji perlu waspada terhadap penyakit ISPA yang bisa menyerang mereka.

ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut adalah penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang menyerang saluran pernapasan. Gejala ISPA bisa berupa batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak napas, dan demam. Penyakit ini bisa menular melalui udara atau kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Jamaah haji rentan terkena ISPA karena mereka tinggal dalam kelompok besar dan berada di lingkungan yang padat. Selain itu, perjalanan jauh dan kelelahan juga bisa menurunkan daya tahan tubuh, sehingga memudahkan virus atau bakteri untuk masuk dan berkembang dalam tubuh.

Untuk mencegah terjadinya ISPA, jamaah haji perlu melakukan langkah-langkah pencegahan yang tepat. Pertama, menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum makan dan setelah beraktivitas. Kedua, memakai masker untuk melindungi saluran pernapasan dari udara yang terkontaminasi. Ketiga, menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit ISPA.

Selain itu, jamaah haji juga perlu menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan menghindari kelelahan. Selalu membawa obat-obatan pribadi dan mengikuti anjuran petugas kesehatan setempat juga sangat penting untuk mengantisipasi terjadinya ISPA.

Dengan menjaga kesehatan dan kebersihan diri, jamaah haji dapat menjalani ibadah haji dengan lancar tanpa terganggu oleh penyakit ISPA. Semoga semua jamaah haji selamat sampai kembali ke tanah air dengan selamat dan sehat. Aamiin.

Archives